Aplikasi Anggaran PDAM (E Budgeting)



Sistem Informasi Anggaran (SIAGA) merupakan sistem informasi berbasis web dibangun untuk menyusun anggaran secara digitalisasi. Dengan adanya aplikasi anggaran (SIAGA), perusahaan dapat menyusun anggaran dengan lebih transparan,terperinci, terbuka dan setiap steckholder dapat mengakses data-data anggaran karena data-data anggaran dokumentasi penyusunan anggaran tercatat secara otomatis di dalam sistem aplikasi. 

Tujuan utama dibangunnya Sistem Informasi Anggaran (SIAGA) adalah, sebagai berikut:

  1. Mempermudah dan mempercepat dalam proses penyusunan anggaran perusahaan, lebih transparan, tepat, waktu, efisien, kronologis, anggaran dapat ditelusuri dengan jelas dan pembuatan laporan realisasi anggaran dapat dibuat dengan lebih mudah. 
  2. Memonitoring anggaran secara Realtime
  3. Penginputan dapat dilakukan dimana saja dan dapat dilakukan oleh multiuser
  4. Mempermudah penginputan data untuk membuat anggaran, dengan terintegarsi dan terkoneksi langsung antara satu data dengan yang lainnya.
  5. Membuat Pelaporan secara otomatis.


Berikut merupakan proses Flow Bisnis Aplikasi Usulan Anggaran berbasis Web :


Flow Bisnis Aplikasi Anggaran

  1. Usulan Anggaran diajukan oleh bagian Departemen dengan melampirkan data yang akan diusulkan untuk anggaran tahunan.
  2. Usulan Anggaran yang telah diajukan akan diterima oleh bagian internal anggaran kemudian disposisi oleh direksi untuk dilakukan proses evaluasi dan selanjutnya akan diteruskan kepada Dewan Pengawas untuk dilakukan evaluasi usulan yang telah disetujui oleh direksi.
  3. Usulan anggaran akan dikukuhkan apabila Wali Kota menerima usulan dari hasil evaluasi yang telah disetujui oleh Dewan Pengawas dan akan dilakukan proses realisasi.

Adapun fitur dan kelebihan yang ada di dalam aplikasi anggaran yaitu, sebagai berikut :

1. Dashboard Anggaran

        


Dashboard Anggaran ini meyajikan beberapa informasi secara detail dan ringkas yang dapat dimonitoring oleh direksi dan manajemen secara Realtime mengenai anggaran tahunan perusahaan. Juga menampilkan jumlah usulah biaya, jumlah usulan investasi, dan stattistik biaya. Dibawahnya terdapat grafik statistik anggaran biaya dan alokasi anggaran. Disampingnya terdapat proyeksi labarugi dan estimasi anggaran biaya. Dan yang paling bawah terdapat prodit dan penjualan kemudian disampingnya terdapat rekap pendapatan.


2. Usulan Pengajuan Biaya


Halaman ini merupakan tampilan usulan pengajuan biaya digunakan untuk mengurangi tingkat kesalahan dalam perhitungan untuk proses perhitungan lebih akurat di dalam pengajuan biaya.


3. Laporan



Halaman ini merupakan tampilan laporan anggaran sambungan pelanggan yang menampilkan laporan berdasarkan tahun anggaran yang sudah terperinci dan telah sesuai dengan peraturan perusahaan.



Sekian penjelasan mengenai Aplikasi Sistem Informasi Anggaran (E Budgeting). Silahkan komentar dibawah ini untuk diskusi atau hubungi saya ke nomor Whatsapp :081224322241 (Rizmal Fauzi Arrachman).



Posting Komentar

0 Komentar